UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SEMESTER II SDN 8 MONTONG BAAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v11i2.1Keywords:
keterampilan menulis, gambar seriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswakelas III, Semester II SDN 8 Montong Baan, Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas III, semester 2 SDN 8 Montong Baan, TahunPelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri atas12 siswa laki-lakidan 14 siswa perempuan. Prosedur pelaksanaan penelitian ini terdiri atas duasiklus.Tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan evaluasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah observasi, angket/tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamatijalannya proses tindakan yang dilakukan. Angket/tes digunakan untuk mengetahuihasil belajar yang dicapai. Dokumentasi digunakan untuk bahan penunjang prosespembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesiamateri menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan katadan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dantanda titik pada siswa kelas III semester 2 SDN 8 Montong Baan, Tahun Pelajaran2014/2015 sebelum dilakukan tindakan sangat rendah. Hal ini dibuktikan denganpersentase keberhasilannya adalah 19%. Setelah dilakukan tindakan penggunaan mediagambar berseri, hasil belajar para siswa tergolong sangat baik. Hal ini terbukti denganpersentasi keberhasilan pada variabel hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 57,69%dengan kriteria baik dan siklus 2 adalah 84,61% dengan kriteria sangat baik.Downloads
References
Ahkadiah, S., dkk. (2003). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.
Jakarta: Erlangga.
Angkoso, Robertes dan Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran.
Jakarta: Grasindo
Djamarah. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Fathurrohman P. dan M. Sobry. (2017). Strategi Belajar Mengajar Melalui
Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.
Hastuti, Sri. (1996). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud
Keraf, Gorys. (1983). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Keraf, Gorys. (1995). Eksposisi. Jakarta: Gramedia.
Nursisto. (1999). Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adicita.
Parera, Jos Daniel. (1993). Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga.
Sujanto. (1988). “Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Teknik Modeling
pada Siswa Kelas 11 D SLTP Sukorejo Kendal 2003/2004”. Semarang.
http://www.sekolahdasar.net/2011/11/pembelajaran-menulis-di-sd.htmldiakses tanggal
Oktober 2016 pukul 17.00
Published
How to Cite
Issue
Section
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















