UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SEMESTER II SDN 8 MONTONG BAAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • NFN Sahuruddin

DOI:

https://doi.org/10.62107/mab.v11i2.1

Keywords:

keterampilan menulis, gambar seri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswakelas III, Semester II SDN 8 Montong Baan, Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas III, semester 2 SDN 8 Montong Baan, TahunPelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri atas12 siswa laki-lakidan 14 siswa perempuan. Prosedur pelaksanaan penelitian ini terdiri atas duasiklus.Tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan evaluasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah observasi, angket/tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamatijalannya proses tindakan yang dilakukan. Angket/tes digunakan untuk mengetahuihasil belajar yang dicapai. Dokumentasi digunakan untuk bahan penunjang prosespembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesiamateri menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan katadan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dantanda titik pada siswa kelas III semester 2 SDN 8 Montong Baan, Tahun Pelajaran2014/2015 sebelum dilakukan tindakan sangat rendah. Hal ini dibuktikan denganpersentase keberhasilannya adalah 19%. Setelah dilakukan tindakan penggunaan mediagambar berseri, hasil belajar para siswa tergolong sangat baik. Hal ini terbukti denganpersentasi keberhasilan pada variabel hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 57,69%dengan kriteria baik dan siklus 2 adalah 84,61% dengan kriteria sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahkadiah, S., dkk. (2003). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.

Jakarta: Erlangga.

Angkoso, Robertes dan Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran.

Jakarta: Grasindo

Djamarah. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Fathurrohman P. dan M. Sobry. (2017). Strategi Belajar Mengajar Melalui

Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Hastuti, Sri. (1996). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud

Keraf, Gorys. (1983). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Keraf, Gorys. (1995). Eksposisi. Jakarta: Gramedia.

Nursisto. (1999). Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adicita.

Parera, Jos Daniel. (1993). Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga.

Sujanto. (1988). “Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Teknik Modeling

pada Siswa Kelas 11 D SLTP Sukorejo Kendal 2003/2004”. Semarang.

http://www.sekolahdasar.net/2011/11/pembelajaran-menulis-di-sd.htmldiakses tanggal

Oktober 2016 pukul 17.00

Published

2018-05-13

How to Cite

Sahuruddin, N. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SEMESTER II SDN 8 MONTONG BAAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. MABASAN , 11(2), 88—106. https://doi.org/10.62107/mab.v11i2.1

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 995 times