Kemampuan Berbahasa Indonesia Tulis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Desa dan Kota di NTB

Authors

  • Tim Penelitian Pengajaran Kantor Bahasa NTB Kantor Bahasa NTB

DOI:

https://doi.org/10.62107/mab.v1i1.145

Keywords:

varian-varian bahasa, dialektometri, kantong bahasa (enklave)

Abstract

Makalah ini mengkaji kemampuan berbahasa Indonesia Tulis Siswa kelas V SD desa dan kota di Nusa Tenggara Barat dengan menggunakan metode kuantitatif.Ada lima sekolah baik di desa maupun di kota yang dijadikan sampel dengan jumlah 181 siswa yang dihubungkan dengan kemampuan menulis dalam bahasa Indonesia dan variable penelitian yang meliputi letak sekolah, status sekolah, pengaruh bahasa daerah, jenis kelamin, dan pekerjaan orang tua.Tingkat kesalahan berbahasa tulis siswa yang bersekolah di desa ternyata memiliki persentase kesalahan yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan berbahasa tulis siswa yang bersekolah di kota. Kemampuan berbahasa Indonesia tulis siswa SD negeri lebih baik daripada kemampuan berbahasa Indonesia tulis siswa swasta. Selanjutnya, kemampuan berbahasa Indonesia tulis siswa SD perempuan lebih baik daripada kemampuan berbahasa tulis siswa SD laki-laki. Berikutnya, kemampuan berbahasa Indonesia tulis siswa SD yang berbahasa ibu menggunakan bahasa Indonesia lebih baik daripada kemampuan berbahasa Indonesia tulis siswa SD yang berbahasa ibu bahasa daerah. Sementara itu, kemampuan  berbahasa Indonesia tulis siswa SD yang orang tuanya nonpegawai negeri dalam hal ini wiraswasta lebih baik daripada kemampuan berbahasa Indonesia tulis siswa SD yang orang tuanya PNS. Dengan kata lain, semua hipotesis yang berhubungan dengan kriteria di atas diterima kecuali pada kriteria pekerjaan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhdiah, Sabarti. Maidar G. Arsjad, Sakura H. Ridwan. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Bradway, Lauren dan Barbara Albert Hill. 2003. Pola-pola Belajar: Kiat-kiat Cerdas, Mencerdaskan Anak. Jakarta: Insiasi Press.

De Potter, Bobi, Mark Readon and Sarah Singer Nourie. 2000. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Mahsun. 2005. Metodologi Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasinya. Bandung: Rosdakarya.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia, Pustaka Utama.

Parera, J.D.1994. Linguistik Edukasional. Metodologi Pembelajaran Bahasa: Analisis Kontrastif Antarbahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.

Pateda, Mansoer. 1999. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Gramedia.

Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung: Rosda Karya.

____________. 1998. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Published

2019-01-23

How to Cite

Kantor Bahasa NTB, T. P. P. (2019). Kemampuan Berbahasa Indonesia Tulis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Desa dan Kota di NTB. MABASAN , 1(1), 62-73. https://doi.org/10.62107/mab.v1i1.145

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 238 times