PENGEMBANGAN MODEL KEMAMPUAN GENERIK MENULIS CERPEN (STUDI CLASSROOM ETNOGRAPHY SISWA KELAS XI MAN 1 MATARAM)
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v9i2.163Keywords:
eksistensi, supranatural, folklor lisan, Sasak, kajian tematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran kemampuan generik dalam materi menulis cerpen terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Pembelajaran menekankan pada peserta didik untuk bekerja dalam kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran dengan berpusat pada siswa (student centered). Metode yang digunakan yaitu Classroom etnograpy dengan subyek satu kelas yaitu kelas XI IPA 2 MAN 1 Mataram. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dokumentasi, wawancara dan pemberian tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran dengan kemampuan generik ini mempunyai kelebihan: ketepatan waktu 76%, kerja sama 92%, Motivasi 94%, tanggung jawab 74% dan berpikir kritis 64%. Adapun hasil kemampuan menulis cerpennya 94% kategori tinggi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pengembangan model pembelajaran kemampuan generik lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan produk siswa.Downloads
References
Agus Nuryatin. 2008. Pembelajaran menulis Karya Sastra Cerita Pendek: Memberi Bekal Life Skill Kepada Siswa. Batu: Hiski
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Australian National Training Authority. 2003. Defining Generic Skills. NCVER: Australia. Tersedia:
Carino, Peter. 1991. Basic Writing a First Cause. Newyork: Harper Colius Publisher.
Faruk. 2003. Pengantar Sosiologi Sastra Edisi Revisi. Pustaka Pelajar: Jogjakarta.
Hadi, Sutrinso. 2000. Metodologi Penelitian. Yayasan Fakultas Psikologi UGM: Yogyakarta.
Menakertrans. 2009. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Kep.57/MEN/III/2009 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pariwisata Bidang Kepemanduan Wisata. Tersedia:
http//blog.uad.ac.id/sayuti/2010/05/22/keterampilan-generik-di-smk proposal-untuk-membangun- karakter-siswa-smk/
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.
Reynolds, Chris dan Tony Mackay. 1997. Generic Skills (Key Competencies) in Australia - the Way of the Future or a track into the Never Never?. University of York
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. ALFABETA: Bandung.
Published
How to Cite
Issue
Section
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















