PENGEMBANGAN MODEL KEMAMPUAN GENERIK MENULIS CERPEN (STUDI CLASSROOM ETNOGRAPHY SISWA KELAS XI MAN 1 MATARAM)

Authors

  • Rabiyatul Adawiyah Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Syukrina Rahmawati Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.62107/mab.v9i2.163

Keywords:

eksistensi, supranatural, folklor lisan, Sasak, kajian tematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran kemampuan generik dalam materi menulis cerpen terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Pembelajaran menekankan pada peserta didik untuk bekerja dalam kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran dengan berpusat pada siswa (student centered). Metode yang digunakan yaitu Classroom etnograpy dengan subyek satu kelas yaitu kelas XI IPA 2 MAN 1 Mataram. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dokumentasi, wawancara dan pemberian tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran dengan kemampuan generik ini mempunyai kelebihan: ketepatan waktu 76%, kerja sama 92%, Motivasi 94%, tanggung jawab 74% dan berpikir kritis 64%. Adapun hasil kemampuan menulis cerpennya 94% kategori tinggi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pengembangan model pembelajaran kemampuan generik lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan produk siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Nuryatin. 2008. Pembelajaran menulis Karya Sastra Cerita Pendek: Memberi Bekal Life Skill Kepada Siswa. Batu: Hiski

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Australian National Training Authority. 2003. Defining Generic Skills. NCVER: Australia. Tersedia:

Carino, Peter. 1991. Basic Writing a First Cause. Newyork: Harper Colius Publisher.

Faruk. 2003. Pengantar Sosiologi Sastra Edisi Revisi. Pustaka Pelajar: Jogjakarta.

Hadi, Sutrinso. 2000. Metodologi Penelitian. Yayasan Fakultas Psikologi UGM: Yogyakarta.

Menakertrans. 2009. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Kep.57/MEN/III/2009 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pariwisata Bidang Kepemanduan Wisata. Tersedia:

http//blog.uad.ac.id/sayuti/2010/05/22/keterampilan-generik-di-smk proposal-untuk-membangun- karakter-siswa-smk/

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Reynolds, Chris dan Tony Mackay. 1997. Generic Skills (Key Competencies) in Australia - the Way of the Future or a track into the Never Never?. University of York

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. ALFABETA: Bandung.

Published

2019-01-25

How to Cite

Adawiyah, R., & Rahmawati, S. (2019). PENGEMBANGAN MODEL KEMAMPUAN GENERIK MENULIS CERPEN (STUDI CLASSROOM ETNOGRAPHY SISWA KELAS XI MAN 1 MATARAM). MABASAN , 9(2), 126-141. https://doi.org/10.62107/mab.v9i2.163

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 257 times