KONTRIBUSI MEDIA GRAFIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SE-KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Authors

  • NFN Hapazah SMAN 1 Praya

DOI:

https://doi.org/10.62107/mab.v7i1.167

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kontribusi media grafis dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Se-Kabupaten Lombok Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengisian kuesioner, wawancara, dan tes. Penganalisisan data dilakukan dengan teknik analisis korelasi dan regresi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kontribusi media grafis terhadap kemampuan menulis cerpen tergolong rendah dan tidak signifikan, yakni sebesar 0,1621%, sedangkan kontribusi motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen tergolong signifikan, yakni sebesar 0,7553%. Hasil uji lanjut kontribusi media grafis terhadap kemampuan menulis cerpen sebesar 0,002581116. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit penggunaan media grafis akan diikuti oleh kenaikan kemampuan menulis cerpen sebesar 0,002581116. Besar kontribusi motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen adalah 0,020857317. Artinya, setiap kenaikan satu unit motivasi belajar akan diikuti oleh kenaikan kemampuan menulis cerpen sebesar 0,020857317.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. dan W. Supriono. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ahmadi, I. Kh. dan Sofan A. (2011). Paikem gembrot: Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Brannen, J. (2005). Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. (H.N.A. Kurde dkk., penerjemah) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Diponegoro, M. (2011). Nulis Cerpen Yuk! Yogyakarta: Narasi.

Djamarah, Sy.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hadis, A. Dan Hj. Nurhayati B. (2010). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Marahimin, I. (2001). Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Nurgiyantoro, B. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. (2009). Dalam http://www.psb-psma.org/content/blog/polemik-pembelajaran-sastra-di-sekolah/).

Nursisto. (1999). Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: PT Mitra Gama Widya.

Pranooto, N. (2011). Creative Writing: Telaga Inspirasi Menulis Fiksi. Bogor: Rayakultura Press.

Sadiman, A.S., R. Rahardjo., A. Haryono., dan Raharjito. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. dan A. Rivai. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, N.Sy. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tuhusetya, Sy. (2008). Dalam http://sawali.info/2008/03/26/mampukah-sekolah-menjadi-benteng-utama-apresiasi-sastra/).

Published

2019-01-26

How to Cite

Hapazah, N. (2019). KONTRIBUSI MEDIA GRAFIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SE-KABUPATEN LOMBOK TENGAH. MABASAN , 7(1), 1-9. https://doi.org/10.62107/mab.v7i1.167

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 260 times