KONTRIBUSI MEDIA GRAFIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SE-KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v7i1.167Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kontribusi media grafis dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Se-Kabupaten Lombok Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengisian kuesioner, wawancara, dan tes. Penganalisisan data dilakukan dengan teknik analisis korelasi dan regresi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kontribusi media grafis terhadap kemampuan menulis cerpen tergolong rendah dan tidak signifikan, yakni sebesar 0,1621%, sedangkan kontribusi motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen tergolong signifikan, yakni sebesar 0,7553%. Hasil uji lanjut kontribusi media grafis terhadap kemampuan menulis cerpen sebesar 0,002581116. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit penggunaan media grafis akan diikuti oleh kenaikan kemampuan menulis cerpen sebesar 0,002581116. Besar kontribusi motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen adalah 0,020857317. Artinya, setiap kenaikan satu unit motivasi belajar akan diikuti oleh kenaikan kemampuan menulis cerpen sebesar 0,020857317.Downloads
References
Ahmadi, A. dan W. Supriono. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ahmadi, I. Kh. dan Sofan A. (2011). Paikem gembrot: Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Brannen, J. (2005). Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. (H.N.A. Kurde dkk., penerjemah) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Diponegoro, M. (2011). Nulis Cerpen Yuk! Yogyakarta: Narasi.
Djamarah, Sy.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hadis, A. Dan Hj. Nurhayati B. (2010). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Marahimin, I. (2001). Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.
Nurgiyantoro, B. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhadi. (2009). Dalam http://www.psb-psma.org/content/blog/polemik-pembelajaran-sastra-di-sekolah/).
Nursisto. (1999). Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: PT Mitra Gama Widya.
Pranooto, N. (2011). Creative Writing: Telaga Inspirasi Menulis Fiksi. Bogor: Rayakultura Press.
Sadiman, A.S., R. Rahardjo., A. Haryono., dan Raharjito. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. dan A. Rivai. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukmadinata, N.Sy. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tuhusetya, Sy. (2008). Dalam http://sawali.info/2008/03/26/mampukah-sekolah-menjadi-benteng-utama-apresiasi-sastra/).
Published
How to Cite
Issue
Section
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















