PERSPEKTIF MAHASISWA DALAM PERMASALAHAN PENGGUNAAN BUKU TEKS BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v7i2.177Keywords:
lema, sublema, tata bahasa baku bahasa SamawaAbstract
Buku teks disiapkan dengan cara memilih bahan-bahan yang memiliki nilai permanen dan orisinal. Berbagai macam buku teks disiapkan untuk subyek yang berbeda dengan latar belakang pendidikan yang beragam, seperti bahasa Inggris untuk sekolah dasar. Saat ini, buku teks bahasa Inggris sangat penting. Artikel ini bertujuan untuk melihat masalah-masalah dan mencari solusi dalam penggunaan buku teks untuk siswa sekolah dasar di wilayah Purwokerto, Jawa Tengah. Data diperoleh dari hasil Diskusi Kelompok Terpusat (FGD) di antara mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman yang sedang mengambil mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks tidak sejalan dengan kebutuhan siswa. Menghasilkan uang adalah tujuan utama dalam penggunaan buku teks. Kualitas buku teks buruk dan isinya tidak berkaitan satu sama lain. Selain itu, tidak ada perhatian khusus yang diberikan untuk metode pengajaran; ketiadaan gambar-gambar dan ilustrasi yang diperlukan; dan banyak kesalahan bahasa dan penulisan.Downloads
References
Alisjahbana, Sutan Takdir. (1990). The Teaching of English in Indonesia. Dalam James Britton, Roberts E. Syeffer & Ken Watson (Eds.). Teaching and Learning English Worldwide (pp. 315—327). Multilingual Matters: Philadelphia.
Alwasilah, A. Chaedar (2004, Mei 18). Revitalisasi Pendidikan Indonesia. Pikiran Rakyat. p. 21.
_______. (2005, Maret 12). Ada Apa Dengan Ilmu Bahasa? Pikiran Rakyat. p 38.
Cruz, Barbara C. & Thornton, Sthephen J. (2009). Teaching Social Studies to English Language Learners. New york: Routledge.
Darling-Hammond, Linda (2010). Evaluating Teacher Effectiveness. Washington: Centre for American Progress.
Ghozali, Imam (2011). ”Pengembangan Buku Teks Integratif: Penelitian Pengembangan Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata di Yogyakarta”. (Disertasi Doktor). Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Solo.
Harmer, Jeremy (1998). The Practice Of English Language Teaching. New York: Longman.
_______. (2001). How to Teach English. Malaysia: Longman.
Marzano, Robert J., Pickering, Debra D., & Pollock, Jane F. (2001). Classroom Instruction That Works. Virginia: Association for Curriculum and Supervision Development.
Richards, Jack K. (2001). Competence and Performance in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.
Richards, Jack K. (2006). Communicative Language Teaching Today. New York: Cambridge University Press.
Shamin, Fauzia., Negash, Negusie., Chuku, Chinere., & Demewoz, Netsanet (2007). Maximizing Learning in a Large Class: Issues and Option. Addis Ababa: British Council.
Published
How to Cite
Issue
Section
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















