Pengembangan Keterampilan Sosial Melalui Pembelajaran Puisi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V SD Muhammadiyah Kolombo Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v5i1.195Keywords:
film dokumenter, keterampilan berbicara, BIPA, tingkat madyaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SD Muhammadiyah Kolombo, Yogyakarta melalui peningkatan keterampilan membaca dan menulis puisi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas delapan pertemuan dalam dua siklus dengan menggunakan model spiral menurut Kemmis dan Mc Taggart. Peneliti bertindak sebagai pengamat, sedangkan kolaborator utama, yaitu guru bahasa Indonesia yang mengajar kelas tersebut sebagai pelaksana tindakan. Kolaborator pembantu terdiri atas tiga orang pengamat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi: instrumen yang digunakan adalah tes sikap dan lembar pengamatan. Data keterampilan sosial dianalisis dengan teknik deskriftif kuantitatif dan data keterampilan membaca dan menulis puisi dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan keterampilan sosial: a) rerata skor keterampilan sosial pada siklus pertama dengan rentang skor 1—40 diperoleh 21,4 (cukup), pada siklus kedua meningkat menjadi 27,12 (baik); b) rerata skor tes sikap sebelum pelaksanaan tindakan dengan rentang skor 1—75 diperoleh 42,9 (cukup), pada pascatindakan meningkat menjadi 54,9 (baik). 2) peningkatan keterampilan membaca pada siklus pertama dengan rentang 1—100 diperoleh 52,63% (belum tuntas); pada siklus kedua meningkat menjadi 68,42% (tuntas) dan menulis puisi pada siklus pertama dengan rentang 1—100 diperoleh 52,63% (belum tuntas); pada siklus kedua meningkat menjadi 73,68% (tuntas).Downloads
References
Adiyanti, M.G. (1999). Skala Keterampilan Sosial (Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Nomor/j01.p/pl.06.05/98 tanggal 1 Juni 1998). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Agustian, Ary Ginanjar. (2005). ESQ: Emotional Spritual Quetion. Jakarta: Penerbit: ARGA.
Azhar Muhammad, L. (1993). Proses Belajar Mengajar (Pola CBSA). Surabaya: Usaha Nasional.
Azwar, Saefuddin. (2007). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Broullitte, Liane. (2002). “Character School: Lesson in School Reform”. Dalam Harvard Education Review. Volume 95.
Cartledge, Cr and Milburn, J.F. (1992). Teaching Social Skill to Children: Innovative Approach. New York: Pergemon Press.
Darmiany. (2004). Pengembangan Paket Pelatihan Keterampilan Sosial Bagi Siswa Sekolah Menengah. Tersedia pada http://jurnal pendidikan humaniora sains.google. Diakses tanggal 3 April 2009.
Depdiknas (2003). Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Puskur Dit PTK-SD.
Hamalik, Oemar. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hetherington, E., Mavis. Parke, dan Ross, D. (2003). Child Psichology: A Contemporary View Point (5thed). New York: McGraw-Hill.
Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta : Mitra Cendekia.
Mukminan. (1998). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: P4G.
Mutadin, Zainun (2002). Mengembangkan Keterampilan Sosial pada Remaja. Tersedia pada http://pembelajaran keetrampilan sosial. Google. Diakses tanggal 8 April 2009.
Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
“Pedoman Penilaian Kelas,” Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (2007). Jakarta: CV. Minajaya Abadi.
PPs UNY. (2008). Pedoman Tesis dan Desertasi Program Pascasarjana UNY. Yogyakarata: PPs UNY.
Pradopo., Rachmat Djoko . (2007). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Prasetyo, Budi. (2007). Peningkatan Pembelajaran Puisi dengan Strategi Pikir Plus. Tersedia pada http://jurnal pendidikan inovatif/volume 2/pembelajaranpuisi.google. Diakses tanggal 4 Maret 2009.
Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
, Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup.
Rahman, Abdul. 1981. Kemampuan Apresiasi Sastra Murid SMA Jatim. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dan Sastra Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ramdhani, N. (1994). ”Pelatihan Keterampilan Sosial pada Mahasiswa yang Sulit Bergaul”. Tesis Program Studi Pasca Sarjana UGM.
, (1995). ”Pelatihan Keterampilan Sosial pada Mahasiswa yang Sulit Bergaul”. Berkala Penelitian Pascasarjana Program Studi Pascasarjana UGM.
Richardson, Rita Coombs, et.al. (2009). Character Education: Lessons for Teaching Social and Emotional Competence. Tersedia pada http//:www.ProQuest.Com/pqdweb. Diakses tanggal 6 Juni 2009.
Rofi’uddin, Ahmad., Zuchdi., dan Darmiyati. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang : Universitas Negeri Malang.
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Silberman, Mel. (1996). Active learning (101 Strategies to Teach Any Subject). Massachusetts: Temple University.
Slamet, St.Y. (2008). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Jawa Tengah: UNS Press.
Sudaryanti. (2007). ”Pengembangan Nilai-nilai Kejujuran, Keberanian dan Cinta Damai melalui Pembelajaran Berdasarkan Minat di TK Negeri 2 Yogyakarta”. Tesis Pascasarjana UNY.
Sujana, Nana. (1989). Dasar-dasar Proses Pelajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suryabrata, Sumadi. (1983). Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi Ofset.
Suryati, Atit. (27 Maret 2008). Implementasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Sastra. Tersedia pada http://educare.e-kipunla.net. Diakses tanggal 27 Maret 2009.
Suyatno. (2009). ”Pembinaan Karakter melalui Pembelajaran Bahasa”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra dalam Rangka Pembinaan Karakter Bangsa di Era Globalisasi, di Universitas Negeri Yogyakarta.
Syamsul, B.T. (2005). ”Persespi Interpersonal”. Dalam Jurnal Pemikiran dan Psikologi, Volume 3 Nomor 1.
Syaodih, Erliany. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Tersedia pada http://pengembangan keterampilan sosial ips. Google. Diakses tanggal 5 Maret 2009.
Taggart, Robin Mc. (1991). The Action Research (A Short Modern History). Deakin University.
Tompkins dan Hoskisson. (1984). Language Art (3rded). Merril: Prentice Hall.
Wahidin, Dadan. (2009). Hakekat Pembelajaran Sastra. Tersedia pada http://hakekat sastra anak.google. Diakses tanggal 27 Maret 2009.
Woolfolk, A.E., dan McCune, L. (1984). Educational Psychology for Teacher. Engleword Chiff: Prentice Hill Inc.
Zuchdi, Darmiyati. (2008). Humanisasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
, dkk. (2006). ”Laporan Penelitian : Hibah Pascasarjana-HPTP (Hibah Pasca)” Universitas Negeri Yogyakarta.
.(2009). ”Pembinaan Karakter melalui Pembelajaran Bahasa”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra dalam Rangka Pembinaan Karakter Bangsa di Era Globalisasi, di Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















