NOVEL KARTINI KARYA ABIDAH EL KHALIEQY SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI MADRASAH TSANAWIYAH
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v13i2.257Keywords:
cerita imajinasi, model pembelajaran, discovery learning.Abstract
Pembelajaran apresiasi karya sastra di sekolah dilakukan melalui tahap pembedahan unsur intrinsik. Pembedahan unsur intrinsik dengan menggunakan pendekatan struktural pada karya sastra ini bertujuan untuk memahami unsur-unsur dalam karya sastra sehingga pembaca dapat memahami makna dalam suatu karya sastra tersebut. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik baca, yaitu peneliti membaca novel secara berulang-ulang. Teknik analisis data menngunakan teknik interaktif yang meliputi pengumpulan data, pemilahan data, penampilan data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur intrinsik dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy meliputi tema yang berkisah tentang perjuangan dalam meraih cita-cita, penggunaan alur campuran, tokoh dalam novel yang meliputi tokoh protagonis, antagonis dan tambahan, sudut pandang yang digunakan dalam novel yaitu orang ketiga serba tahu, dan latar waktu, tempat dan suasan yang beragam dalam membangun cerita. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran kegiatan apresiasi sastra pada pembelajaran bahasa Indonesia di madrasah tsanawiyah kelas sembilan dalam materi pembelajaran literasi buku fiksi dan nonfiksi.Downloads
References
Endawarsana, S. (2013). Sosiologi Sastra: Studi, Teori, dan Interpretasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Habibah, S. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Dan Tameng Moralitas Bangsa. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1 (1), 40–58.
Hamzah. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasan. (2019). Analisis Struktural Novel “Bangkitlah Tamban Salai” Karya Yas Wiwo dan Edy Amran. (JIIP) Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 140–148.
Isnaniah, S. (2015). Menulis Kreatif (Praktik Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik bagi Mahasiswa). Kartasura: IAIN Press.
Karim, M. (2015). Menyelidik Sastra Melayu. Yogyakarta: Histokultura.
Khalieqy, A. El. (2017a). Abidah El Khalieqy: Kartini, Perempuan Yang Luar Biasa Kritis. Retrieved February 12, 2019, from http://www.iain-surakarta.ac.id/?p=8238
Khalieqy, A. El. (2017b). Kartini. Jakarta: Noura Books.
Khomsilawati, S. (2017). Penguatan Karakter Religius dalam Pembelajaran Sastra Melalui Adaptasi Kearifan Lokal. In Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra) (pp. 370–375).
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mujiyanto, Y., & Fuady, A. (2014). Kitab Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Muplihun, E. (2016). Nilai Moral dalam Dwilogi Novel Saman dan Larung Karya Ayu Utami. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Volume 1(Nomor 2 September), 58–64.
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ratna, N. K. (2014). Peran Karya Sastra, Seni dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riyanti, A., & Inung, S. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia. RETORIKA, 10(2), 106–111. https://doi.org/10.26858/retorika.v
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Subyantoro. (2013). Pembelajaran Bercerita: Model Bercerita untuk Meningkatkan Kepekaan Emosi dalam Berapresiasi Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Wahyuningtyas, S., & Wijaya, Heru Santosa. (2011). Satra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.
Waluyo, H. J. (2011). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS press.
Wiyani, N. A. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
How to Cite
Issue
Section
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















