NILAI PENDIDIKAN DALAM SASTRA LISAN LAWAS (PUISI RAKYAT) MASYARAKAT SUMBAWA DAN POTENSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v13i2.265Keywords:
cerita imajinasi, model pembelajaran, discovery learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam sastra lisan lawas (puisi rakyat) masyarakat Sumbawa. Lawas telah menjadi bagian dari tonggak kehidupan masyarakat sehingga perlu diungkapkan nilai-nilai yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan teknik ketekunan pengamatan dengan pemusatan pada hal-hal yang dicari secara rinci sehingga data-data yang ditemukan peneliti akan semakin benar. Dengan begitu data-data yang ditemukan benar-benar mengandung nilai pendidikan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan nilai pendidikan yang terkandung dalam lawas (puisi rakyat) masyarakat Sumbawa Nusa Tenggara Barat: (1) nilai sosial, (2) nilai moral, (3) nilai religius, dan (4) nilai budaya. Nilai pendidikan yang terkandung dalam lawas tidak terlepas dari nilai-nilai luhur yang selalu menjadi pedoman dalam kehidupan masyarakat Sumbawa.Downloads
References
Abernathy, J. 2017. ‘Poetry Out Loud’ in a School Near You. Retrieved Juni 18, 2018 From http://www.thespectrum.com/story/life/2017/01/15/poetry-out-loud-schoolnearyou/96510170/?hootPostID=20629c06a9904e0d059c9b7b8ee8e4c3)
Cantor, J.S. 2006. Fearless Innovation-Songwriting for Our Lives: Inspiring Learners with Arts-Based Practices That Support Creativity. Multicultural Education. 14 (2):57--64.
Darmadi, H. 2010. Pendidikan Pancasila Konsep Dasar dan Implementasi.
Bandung
Endaswara, S. 2013. Metode Apresiasi Sastra. Yoyakarta: CV. Radhita Buana.
Fathurrohman, M & Sulistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Faturrahman., Ahmadi, K., Amri, S. & Setyono, H.A. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Gani, R. 1998. Guruan Sastra Indonesia dan Analisisi. Jakarta: Depdikbud.
Juanda. 2016. Kesadaran Keberagaman dalam Sastra Samawa. Skripsi. Sumbawa: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa.
Kane, S., & Rule, A. C. 2004. Poetry Connections Can Enhance Content Area Learning. Journal of Adolescent & AdultLiteracy. 47 (8): 658--669.
Kloser, K. 2013. Positive Youth Development Through the Use of Poetry Therapy: Thecontributing Effects Of Language Arts in Mental Health Counseling with Middle School-Agechildren. Journal of Poetry Therapy. 26 (4): 237--253.
Koentjaraningrat. 1980. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: CV. Yrama Widya.
Lafrenière, D., Cox, S. M., Belliveau, G., & Lea, G. W. 2013. Performing the Human subject: Arts-based Knowledge Dissemination in Health Research. Journal of Applied Arts & Health. 3 (3): 243--257.
Lickona, T. 2015. Character Matters; Persoalan Karakter, Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mawarni, H. dkk. 2019. Local Wisdom in Lawas (Poetry) Ponan Party Ceremony Society of sumbawa Nusa Tenggara Barat. International Journal odf English Literature and social Sciences (IJELS). 4 (2): 241--247.
Miharja. R. 2012. Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta: Laskar Aksara.
Hamilton, A.W. 2004. Malay Pantuns. Syney, N.S.W: Australasian Publishing Co. Pry. Ltd
Macionis, J. J. 1970. Society the Basics. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurgiyantoro, B. 2015. Stilistika Kultural. Jurnal Widyaparwa. 43 (1): 1--13.
Pradopo, D. 2012. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Saroni, M. 2012. Pendidikan untuk Orang Miskin: Membuka Keran Keadilan dalam Kesempatan Berpendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Sarumpet.R.K.T. 2002. Sastra Masuk Sekolah. Magelang: Indonesatera.
Simecek, K. 2015. Beyond Narrative: Poetry, Emotion and the Perspectival View. British Journal of Aesthetics. 55 (4): 497--513.
Peserta didikntoro. 2010. Metode Penelitian Sastra Analisis Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Solihati, N. 2017. Aspek Pendidikan Karakter dalam Puisi Hamka. dalam Litera Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Guruannya. 16 (1). 51--63.
Stovall, D. 2006. Urban Poetics: Poetry, Social Justice and Critical Pedagogy in Education. Urban Review. 38 (1): 63--80.
Sukiman. P. P., & Widiati, N. 2017 Pengembangan Modul Puisi Rakyat Sumbawa Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Di SMP. Jurnal Pendidikan. 2 (4): 556--561.
Sunaryadi. 2013. Serat Madu Tata Krami dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. Dalam Litera Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Guruannya. 12 (1): 119--128.
Suparlan. 2015. Mendidik Hati Membentuk Karakter: Panduan Al-Qur’an Melejitkan Hati Memperindah Karakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suseno, Tusiran. 2006. Mari Berpantun. Yayasan Panggung Melayu. Jakarta.
Suwignyo, H. 2013. Makna Kearifan Budaya Jawa dalam Puisi Pariksit, Telinga, Dongeng Sebelum Tidur, dan Asmaradana. Jurnal Bahasa dan Seni. 41 (2): 181--190.
Suyasa, M. 2009. Lawas Samawa dalam Konfigurasi Budaya Sumbawa. Jurnal Mahasan. 3 (1): 86--106.
Teeuw, 1992. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia.
Tilaar, H. A. R. (2015). Pedagogik Teoritis untuk Indonesia. Jakarta: Buku Kompas.
Vala, aroslav. 2011. Exact Research on The Reception of Poetry. International Conference on Education and Educational Psychology, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29 (11), 520 – 527.
Venkatalah.N. 2007. Value Education. New Delhi: SB Nangia.
Wellberry, C. 2006. On the Use of Poetry in Medical Education. Retrieved Juni 18, 2018, from http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1094960.pdf.
Whalen, S. 2000. Expressing Attitudes and Emotions Through Poetry. Journal of School Health. 70 (7): 301--302.
Zaidan, A. R., dkk. 2000. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.
Zakiyah, Q. Y. & Rusdiana. (2014). Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Zuhdi, M.H. dkk. 2017. Peta Dakwah Majelis Ulama Indonesia Nusa Tenggara Barat. Mataram: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi NTB
Zakiyah, Q. Y. & Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia..
Published
How to Cite
Issue
Section
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















