Cerita Rakyat Kek Lesap sebagai Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v15i2.466Abstract
Cerita rakyat merupakan warisan sastra yang diwariskan secara turun temurun. Cerita rakyat dapat digunakan sebagai media untuk mewujudkan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, demikian juga dengan cerita rakyat Kek Lesap yang mengandung nilai kearifan lokal di dalamnya. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif menggunakan objek nilai kerarifan lokal cerita rakyat Kek Lesap. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara dengan sesepuh di tokoh masyarakat dan sesepuh di daerah asal cerita rakyat Kek Lesap. Analisis data berpedoman pada model analisis mengalir dari Sutopo, yakni (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan simpulan/verifikasi. Hasil analisis dalam penelitian ini, yakni nilai kearifan lokal dalam cerita rakyat Kek Lesap yang terwujud dalam karakter tokoh Lesap yakni, pantang menyerah, menghargai lingkungan, rela berkorban, berjiwa patriotik, toleran, dan kemanusiaan.Downloads
References
Agung, Wahyudi. (2014). Implementasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal di SD Negeri Sendangsari Pajangan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Putut, Setiyadi. (2012). Pemahaman kembali Local Wisdom Etnik Jawa dalam Tembnag Macapat dan Pemanfaatannya sebagai Media Pendidikan Budi Pekerti Bangsa. Magistra. 79 (24). Hlm. 71-85.
Republik Indonesia (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Samani & Hariyanto. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sartini, Ni Wayan. (2009). Menggali Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Lewat Ungkapan. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra V (4). Hlm.28.
Sayuti, S. A. (2008). Bahasa, identitas, dan kearifan lokal dalam perspektif pendidikan. Dalam Mulyana (ed.), Bahasa dan sastra daerah dalam kerangka budaya (hlm. 23-44). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Wigunadika, I Wayan Sapta. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bali. (Diunduh 9 Desember 2019) https://media.neliti.com/media/pub lications/268203-pendidikankarakter-berbasis-kearifan-lo9b608a55.pdf
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 ULLUL AZMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















