Mitos pada Iklan Thailand “Vizer Cctv: Homeless Blind Truth”
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v15i2.468Abstract
Iklan berbahasa Thailand “Vizer CCTV: Homeless Blind Truth” sarat berisi pesan moral, yang disebut oleh tokoh semiotik Roland Barthes dengan mitos. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna denotasi, konotasi dan mitos yang terkandung dalam iklan“VizerCCTV: Homeless Blind Truth”. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun metode penyediaan data yang digunakan peneliti adalah metode simak dengan mengakses data dari Youtub. Berdasarkan teori semiotik Barthes, dikaji makna denotasi, konotasi, kemudian mitos yang terkandung dalam iklan “VizerCCTV: Homeless Blind Truth”. Berdasarkan hasil penelitian,iklan “VizerCCTV: Homeless Blind Truth” terdapat sembilan adegan yang terkandung makna denotasi dan konotasi yang berbentuk tertampil gambar dan audio. Mitos yang terkandung dalam iklan agar kita tidak mudah berprasangka buruk kepada orang lain.Downloads
References
Sobur, A. (2001). Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa). (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/. Diakses tanggal 30 April 2021.
Barthes, R. (1986). Elements of Semiology. Hill and Wang, New York.
Barthes, R. (1972). Mythologies: Roland Barthes. New York: Hill and Wang.
Chaer, A. (2017). Linguistik umum. Jakarta: Rineka cipta.
Cristomy.T. (2004). Semiotika Budaya Depok: Universitas Indonesia
Djajasudarma, T. Fatimah. (2006). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung.
Budiman, Kris. (2004). Semiotika Visual. Yogyakarta: Buku baik, Yayasan seni cemeti.
Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik (Edisi keempat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Refika Aditama.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kushartanti, dkk. (2009). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyana. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Puteri, B. (2017). Analisis Semiotik pada Iklan-iklan Aqua di Media Televisi. Jurnal Paramasastra. 4 (1).
Saussure, F. de. (1950). Course in general linguistics, terj. W. Baskin. New York: Philosophical Library.
Sunardi, ST. (2004). Semiotika Negativa. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.
Verhaar J. W. M. (2016). Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Widiastuti. dkk. (2020). Analisis Semiotika Meme ‘Profesi yang Tidak Dapat Work from Home’ selama Pandemi Covid-19. Jurnal Semiotika. 14 (1): 1- 7.
William Wells, Jorn Burnett, dan Sandra Moriaty. (2000). Advertisingprinciple & Practice, fifth edition. Prentice Halls: New Jersey.
Yuliawati, S. (2018). Kajian Linguitik Korpus dan Semiotik: Perempuan Sunda dalam Kata. Bandung: PT Refika Aditama.
ความจริงที่ไม่เห็นด้วยตาOfficial HD: โดยกล้องวงจรปิด. (2015). Vizer (Vizer CCTV) Online.https://www.youtube.com/watch?v=S-fvxEq_3DA. Diakses tanggal 25 April 2021.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Suhila Mahamu, Dian Indira, Ypsi Soeria Soemantri, Riza Lupi Ardiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















