TINDAK TUTUR EKSPRESIF PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM INTERKASI PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 JATI KUDUS: PERSPEKTIF PRAGMATIK
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v18i1.791Keywords:
expressive speech; pragmatic; forms and functionsAbstract
Peran pendidik tidak hanya memberikan pengetahuan kepada peserta didik tetapi juga memberikan tauladan kepada peserta didik baik dalam bersikap maupun dalam bertutur. Tuturan yang diujarkan juga perlu memperhatikan cara penyampaiannya agar penutur dan mitra tutur tidak merasa tersinggung. Tindak tutur ekpresif merupakan bentuk ujaran yang mengungkapan perasaan dari penutur kepada mitra tutur. Tujuan penelitian ini yakni mengidentifikasi bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif pendidik dan peserta didik dalam interaksi pembelajaran di SMP Negeri 2 Jati Kudus yang dikaji dalam tataran pragmatik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskripstif kualitatif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Data penelitian berupa penggalan tuturan yang di dalamnya terdapat bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif antara pendidik dan peserta didik dalam interaksi pembelajaran. Sumber data yakni tuturan ekspresif pendidik dan peserta didik, dengan jumlah 36 responden yang terdiri atas 6 responden berasal dari pendidik dan 30 responden berasal dari peserta didik. Pengambilan data melalui observasi. Pengambilan data menggunakan metode simak dan teknik catat. Tahapan dalam pengumpulan data yakni dengan menyimak dan mencatat tuturan, mentranskrip tuturan, pengkodean, dan reduksi atau pemilihan data. Metode padan dipergunakan untuk menganalisis data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian ditemukan bentuk tuturan terdiri atas dua yakni tuturan langsung dan tidak langsung. Bentuk tuturan langsung meliputi, modus deklaratif, imperatif, dan interogatif. Bentuk tidak langsung meliputi, deklaratif-imperatif, dan interogatif-imperatif. Adapun fungsi tindak tutur ekspresif meliputi memuji, mengucapkan terima kasih, mengkritik, dan menyindir, dan permohonan maaf.Downloads
References
Agustine, V. N., & Amir, A. (2023). Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik Karya Boy Candra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1. https://doi.org/10.30595/mtf.v10i1.17152
Amini, A., Anwar, S., & Asriyani, W. (2023). Tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung dalam Jual Beli di Pasar Kedungsukun dan Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA. Journal on Education, 5(2), 3970–3976.
Apriastuti Ni Nyoman. (2017). Bentuk, Fungsi, dan Jenis Tindak Tutur dalam Komunikasi Siswa Di Kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 38–47.
Astawa, I. P. Y., Antartika, I. K., & Sadyana, I. W. (2017). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Dalam Drama My Boss My Hero (Suatu Kajian Pragmatik). Jpbj, 3(3), 394–406.
Astika, I. M., Murtiningrum, D. A., Asih, A., & Tantri, S. (2021). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Dalam Acara Mata Najwa “ Perlawanan Mahasiswa .” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 55–66.
Cahyaningsih, E., & Rahmawati, L. E. (2022). Bentuk tindak tutur ekspresif antara tutor dengan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Litera, 21(2), 115–129. https://doi.org/10.21831/ltr.v21i2.44974
Chispa Siregar, K., & Oxianus Sabarua, J. (2020). Analisis Tuturan Ekspresif Guru Dalam Interaksi Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 81–89. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i2.298
Darwis, A. (2018). Tindak Tutur Direktif Guru di Lingkungan SMP Negeri 19 Palu: Kajian Pragmatik. Jurnal Bahasa Dan Sastra. (Online), 4(2).
Ezik Firman Syah, Khusnul Fatonah, O. F. N. (2022). Representasi Tindak Tutur Ekspresif pada Podcast Mahasiswa UEU Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 196–204. https://doi.org/10.37150/perseda.v4i3.1469
Gusbella, P., Akhyaruddin, A., & Yusra, H. (2022). Tindak Tutur Ekspresif Antara Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 1391–1398. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3126%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3126/2626
Harahap, E. P., & Yusra, H. (2022). Tindak Tutur Ekspresif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA N 1 Muaro Jambi. Jurnal Lintang Aksara, 2018, 1–12. https://mail.online-journal.unja.ac.id/jla/article/download/17428/13215
Haslinda. (2022). TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Panrita, 02(05), 80–90.
Maharani, A. (2021). Analisis Tindak Tutur Dan Fungsi Tuturan Ekspresif Dalam Acara Sarah Sechan Di Net Tv. Jurnal Skripta, 7(1), 15–29. https://doi.org/10.31316/skripta.v7i1.956
Mouren T. Talumingan. (2021). TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM FILM THE KISSING BOOTH KARYA VINCE MARCELLO (SUATU ANALISIS PRAGMATIK). Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Mualimah, E. N., Anggrani, A. E., Usmaedi, U., & Solihatulmilah, E. (2021). Tindak Tutur Ekspresif Mahasiswa Program Studi PGSD STKIP Setiabudhi Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 129–133. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.868
Rohmadi, M. (2014). Kajian Pragmatik Percakapan Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Paedagogia, 17(1), 53–61.
Rudi, R., & Mujianto, G. (2021). Tuturan Ekspresif Pengajar BIPA dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode Dengar Pandang. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(1), 67. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.1218
Safitri, R. D., Mulyani, M., & Farikah. (2021). Teori Tindak Tutur dalam Studi Pragmatik. KABASTRA: Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.31002/kabastra.v1i1.7
Sari, F. D. P. (2012). Tindak Tutur Dan Fungsi Tuturan Ekspresif Dalam Acara Galau Nite Di Metro Tv: Suatu Kajian Pragmatik. Skriptorium, 1(2), 1–14.
Setiyaningsih, M., & Rahmawati, L. E. (2022). Bentuk Tindak Tutur Ekspresif dalam Mini Seri “Sore: Istri dari Masa Depan” Karya Yandy Laurens. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 85. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.43933
Wiwaha, R. S. R., Andajani, K., & Harsiati, T. (2021). Tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia (Expressive speech acts in Indonesian language learning videos). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 335–352. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Kantor Bahasa Provinsi NTB

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















