Tindak Tutur Ilokusi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Jerman: Analisis Pragmatik
DOI:
https://doi.org/10.62107/mab.v19i1.971Keywords:
analisis pragmatik; tindak tutur ilokusi; bahasa JermanAbstract
Bahasa memiliki peranan krusial dalam kehidupan manusia. Proses pembelajaran bahasa dapat berlangsung dalam lingkungan formal maupun informal. Dalam proses tersebut, interaksi antara penutur dan lawan tutur tidak dapat dihindari, yang dalam kajian pragmatik dikenal sebagai tindak tutur. Tindak tutur sendiri merupakan tindakan komunikasi yang dilakukan melalui ujaran, baik secara lisan maupun tulisan, dengan tujuan menciptakan pemahaman bersama. Analisis pragmatik berfokus pada makna implisit yang terkandung dalam suatu tindak tutur. Dalam konteks pembelajaran bahasa Jerman, peran guru sangat signifikan dalam menciptakan suasana belajar yang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis daya pragmatik tindak tutur ilokusi dalam proses pembelajaran bahasa Jerman. Data penelitian dikumpulkan dari ujaran yang diucapkan oleh guru saat mengajar di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis pragmatik. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori Searle, yang mengklasifikasikan tindak tutur ke dalam lima fungsi utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur direktif, asertif, dan komisif lebih sering digunakan dibandingkan dengan tindak tutur deklaratif dan representatif.Downloads
References
Anani, S.S. (2023). Tindak Tutur Direktif Indy Rahmawati dalam Talk Show “Satu Jam Lebih Dekat” di TVOne- IDEOMATIK (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.46918/idiomatik.v6i1.1664
Aristia, M. & Sari, R. (2024) Development of B1 Level Listening Learning Media Using the Proprofs Platform. Asean Journal of Applied Education (AJAE), 3 (2), 157-166. https://doi.org/10.55927/ajae.v3i2.8790
Banjarnahor, D., & Noveria, E. (2019). Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dan Respon Siswa dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga 3 SMK Negeri 3 Pdang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 38. https://doi.org/10.24036/107458-019883
George Yule. (2006). Pragmatik. Pustaka Pelajar.
Hasanah, S.U. & Widodo, M. (2017). Tindak Tutur Guru dan Siswa SMP pada Pembelajaran bahasa Indonesia dan Implikasinya. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5, 1, 9
Lyswidia, A. & Kantih, B. (2020). Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Penjual dan Pembeli Online Shop di Media Sosial Whatsapp. La-Tahzan: Journal Pendidikan Islam, 12
(2), 251-263. https://doi.org/10.62490/latahzan.v12i2.327
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafundo Persada.
Maulero, R. & Fadlan, S. M. (2021). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Jerman di SMAN 3 Mataram. Proceedings Selasar 4, 171-176.
Sitepu, K. H. B., Poerwadi, P., & Linarto, L. (2021). Realisasi Ilokusi Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Biologi di SMAK SANTO ALOYSIUS Palangka Raya. ENGGANG: Journal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 79-90. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2858
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Susmiati, S., Andianto, M. R., & Husniah, F. (2013). Tindak Tutur Ekspresif Guru terhadap Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 7 Jember. Pancaran, 2(2), 149-160.
Wulandari, K. S., & Utami, H. R. (2023). Daya Pragmatik tuturan Food Vloger Bara Ilham pada Saluran Youtube Tanboy Kun. SASINDO (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). 215-229. https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i2.16149
Yuliana, R., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2013). Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA, 1(2), 280-293
Yunita, I. K. M., & Pratiwi, W. D. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Iklan Layanan Masyarakat di Instagram Kemenkes pada Masa Pandemi Covid-19 dan Relevasansinya sebagai Rancangan Bahasa Ajar Bahasa Indonesia di SMP. Journal Education, 7(3), 1205-1212. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.138.3
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Balai Bahasa Provinsi NTB

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.















